Teknologi

Tips Keamanan Siber Untuk Usaha Kecil Dan Menengah

 

Tips Keamanan Siber Untuk Usaha Kecil Dan Menengah

Menjaga keamanan data bisnis adalah perhatian utama bisnis saat ini. Dengan meningkatnya pelanggaran keamanan di banyak perusahaan, keamanan data terhadap gangguan yang tidak diinginkan ada dalam pikiran semua orang. Tidak peduli seberapa besar atau kecil, keamanan TI adalah tantangan terbesar yang dihadapi organisasi. Ketika datang ke usaha kecil atau menengah, dampak dari ancaman keamanan bahkan lebih parah. Penjahat dunia maya suka menargetkan usaha kecil sebagian besar karena fakta bahwa usaha kecil dan menengah tidak mampu menerapkan protokol keamanan yang kuat. Tidak ada yang bisa seratus persen aman, tetapi pada saat yang sama usaha kecil dan menengah dapat mengembangkan lingkungan yang protektif dengan mendapatkan pemahaman yang kuat tentang kehadiran eksternal mereka di web dan memastikan bahwa mereka aman dengan melakukan pengujian penetrasi dan mengurangi paparan dengan mengambil tindakan. seperti memperbarui patch keamanan secara teratur.

Apa Itu Pelanggaran Data Dan Bagaimana Hal Itu Terjadi?

Pelanggaran data adalah insiden di mana data sensitif, dilindungi, atau rahasia kemungkinan besar akan diekspos, dicuri, atau digunakan oleh individu yang tidak berwenang. Konsep paling umum dari pelanggaran data adalah penyerang meretas jaringan untuk mencuri data sensitif. Sejumlah pedoman industri dan peraturan kepatuhan pemerintah memberlakukan tata kelola yang ketat atas data sensitif atau pribadi untuk menghindari pelanggaran data. Ini adalah skenario di mana data perusahaan atau organisasi Anda dicuri. Ketika kami memeriksa folder perusahaan dan menemukan bahwa semua informasi hilang, file pelanggan, catatan, dan informasi penagihan telah dikompromikan. Maka jelas bahwa bisnis Anda telah menjadi korban serangan cyber pelanggaran data.

Penyebab Paling Umum Dari Pelanggaran Data

Melindungi data sensitif sangat penting bagi sumber kehidupan organisasi. Apa penyebab paling umum dari pelanggaran data?

  • Kehilangan fisik atau pencurian perangkat adalah salah satu penyebab paling umum pelanggaran data: ini bisa dibilang penyebab paling jelas dari penyebab umum pelanggaran data. Namun, ada banyak cara berbeda ini bisa terjadi. Bisa siapa saja dari laptop Anda, hard drive eksternal, atau flash drive yang telah rusak, dicuri, atau salah tempat.
  • Ancaman internal seperti pelanggaran yang tidak disengaja (kesalahan karyawan) atau pelanggaran yang disengaja (penyalahgunaan karyawan): Hal ini dapat terjadi ketika karyawan menangani data sensitif dan tidak memahami dengan jelas protokol dan prosedur keamanan. Pelanggaran data juga dapat terjadi karena kesalahan mental, ketika seorang karyawan mengirim dokumen ke penerima yang salah.
  • Kontrol keamanan yang lemah sering menjadi perhatian utama untuk perlindungan data perusahaan: Pengelolaan akses yang tidak tepat ke aplikasi dan berbagai jenis data dapat mengakibatkan karyawan dapat melihat dan mengirimkan informasi yang tidak mereka perlukan untuk melakukan pekerjaan mereka. Kata sandi yang lemah atau dicuri menjadi perhatian utama lainnya. Ketika perangkat seperti laptop, tablet, ponsel, komputer, dan sistem email dilindungi dengan kata sandi yang lemah, peretas dapat dengan mudah membahayakan sistem. Ini mengekspos informasi langganan, informasi pribadi dan keuangan, serta data bisnis yang sensitif.
  • Kelemahan sistem operasi dan aplikasi: Kehadiran perangkat lunak atau browser web yang sudah ketinggalan zaman merupakan masalah keamanan yang serius.

Tips Untuk Mencegah Ancaman Dunia Maya

Di tengah kekacauan dan hype, mungkin sulit untuk mendapatkan informasi yang jelas dan akurat tentang apa yang sebenarnya terjadi ketika pelanggaran data terjadi. Meskipun pelanggaran data tentu saja merupakan masalah yang kompleks, membekali diri Anda dengan pengetahuan dasar tentangnya dapat membantu Anda menavigasi berita, menangani dampaknya, dan mengamankan data Anda sebaik mungkin. Meningkatnya frekuensi dan skala pelanggaran data adalah tanda yang jelas bahwa organisasi perlu memprioritaskan keamanan data pribadi.

Perkembangan terbaru seperti merangkul cloud, menyebarkan BYOD, dll. meningkatkan risiko ancaman dunia maya. Ketidaktahuan karyawan juga menjadi perhatian utama. Peretas sangat menyadari kerentanan ini dan mengatur diri mereka sendiri untuk mengeksploitasinya. Jangan panik, terutama jika Anda adalah bisnis kecil, tetapi perlu untuk membuat keputusan. Jadikan lebih sulit untuk menargetkan dan menjaga bisnis Anda tetap aman dengan lima tips teratas ini.

Berikut Adalah 5 Tips Terbaik Untuk Mencegah Ancaman Dunia Maya

  1. Enkripsi data Anda: Enkripsi data adalah mekanisme kontrol pencegahan yang hebat. Jika Anda mengenkripsi database atau file, Anda tidak dapat mendekripsinya kecuali Anda memiliki atau menebak kunci yang benar, dan menebak kunci yang benar bisa memakan waktu lama. Mengelola kunci enkripsi memerlukan upaya yang sama seperti mengelola kontrol pencegahan lainnya di dunia digital, seperti daftar kontrol akses, misalnya. Seseorang perlu secara teratur meninjau siapa yang memiliki akses ke data, dan mencabut akses bagi mereka yang tidak lagi membutuhkannya.
  2. Pilih keamanan yang sesuai dengan bisnis Anda: Meretas bahkan perusahaan paling aman dengan cetak biru yang rumit kini jauh lebih hebat dari sebelumnya. Jadi, Anda perlu mengadopsi penyedia layanan keamanan terkelola yang dapat memberikan solusi fleksibel dengan biaya yang efektif dan menyediakan jalur peningkatan yang mulus.
  3. Pendidikan staf: mendidik staf tentang penanganan dan perlindungan data sensitif yang tepat. Jaga agar karyawan tetap waspada terhadap ancaman melalui email singkat atau dalam pertemuan berkala yang dipimpin pakar TI.
  4. Menerapkan strategi manajemen keamanan: Saat ini, serangan cyber sangat diatur, sehingga organisasi perlu membuat pendekatan strategis sehingga seluruh lingkungan Anda bertindak sebagai pertahanan terpadu, dan serangan terdeteksi, dicegah, dan ditanggapi dengan mulus dan segera.
  5. Instal perangkat lunak antivirus: Perangkat lunak antivirus dapat melindungi sistem Anda dari serangan. Antivirus memindai komputer Anda dan email masuk untuk mencari virus, lalu menghapusnya. Anda harus memperbarui perangkat lunak antivirus Anda untuk menangani “bug” terbaru yang beredar di Internet. Sebagian besar perangkat lunak antivirus menyertakan fitur untuk mengunduh pembaruan secara otomatis saat Anda online. Selain itu, pastikan program terus berjalan dan periksa sistem Anda dari virus, terutama jika Anda mengunduh file dari web atau memeriksa email Anda.

Tindakan atau tindakan yang, jika ada, dapat dilakukan, yang dicurigai sebagai serangan berbahaya pada jaringan Anda

  • Jika file yang tidak dikenal diunduh, langkah pertama adalah menghapus file tersebut. Putuskan sambungan komputer dari jaringan dan minta departemen TI Anda menjalankan pemindaian sistem lengkap untuk memastikan tidak ada jejak yang tertinggal.
  • Ketika logger kunci terdeteksi di komputer, departemen TI harus segera mereset kata sandi di semua akun yang relevan.
  • Perusahaan harus memiliki kemampuan manajemen terpusat di server lokal dan cloud. Mengontrol pengguna mana yang dapat mengakses file/folder di server memastikan bahwa data bisnis penting hanya dapat diakses oleh personel yang berwenang.
  • Cadangkan semua file bisnis ke server cloud jarak jauh. Jika pemulihan bencana diperlukan, semua file yang dicadangkan di cloud dapat diimpor kembali ke server lokal untuk mencegah hilangnya data sepenuhnya.

Keamanan Siber Yang Ideal Meliputi

  • Menentukan aset yang harus diamankan
  • Mengidentifikasi ancaman dan risiko yang dapat mempengaruhi aset tersebut atau seluruh bisnis
  • Menentukan pengamanan yang harus dilakukan untuk menghadapi ancaman dan mengamankan aset
  • Memantau pengamanan dan aset untuk mencegah atau mengelola pelanggaran keamanan
  • Menanggapi masalah keamanan siber yang muncul
  • Perbarui dan sesuaikan pengamanan sesuai kebutuhan

Bisnis diserang setiap hari di berbagai bidang, dan kesadaran bahwa pelanggaran data dapat berasal dari berbagai sumber memungkinkan rencana perlindungan dan respons yang lebih komprehensif. Jangan pernah berasumsi bahwa data Anda aman karena Anda memiliki perlindungan elektronik terbaik, atau karena Anda tidak menggunakan mesin POS. Penjahat menginginkan data Anda, dan mereka akan mencoba apa saja untuk mendapatkannya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close