5 Langkah Untuk Mendapatkan Kembali Keunggulan Kompetitif Anda

 

5 Langkah Untuk Mendapatkan Kembali Keunggulan Kompetitif Anda

Situasi Saat Ini

Banyak pemimpin bisnis Amerika mengeluh bahwa mereka tidak dapat bersaing karena situasi ekonomi saat ini dan outsourcing pekerjaan yang signifikan ke negara lain. Selama dua tahun terakhir, berita utama dari banyak surat kabar lokal, publikasi nasional, dan publikasi bisnis penuh dengan perusahaan yang gulung tikar atau dinyatakan pailit. Banyak organisasi berada dalam bahaya kebangkrutan dan hampir semua menyalahkan ekonomi saat ini atas kematian mereka. Banyak pemimpin bisnis AS menyebut meningkatnya persaingan dari seluruh dunia sebagai salah satu alasan kondisi ekonomi ini. Mereka sering mengeluh bahwa mereka tidak dapat bersaing dengan tarif tenaga kerja yang lebih murah yang ditemukan di tempat lain dan tidak dapat mempekerjakan pekerja berkualitas yang cukup dengan harga yang wajar di sini untuk bersaing. Ini adalah jenis masalah yang dikeluhkan para manajer saat ini. Presiden Obama baru-baru ini membahas masalah ini dalam pidato kenegaraannya pada 25 Januari 2011. “Sekarang giliran kita,” katanya dalam pidatonya. “Kita tahu apa yang diperlukan untuk bersaing untuk pekerjaan dan industri di zaman kita. Kita perlu berinovasi, keluar dari pendidikan, dan membangun seluruh dunia.” Kita harus menjadikan Amerika sebagai tempat terbaik di dunia untuk berbisnis.” Apakah menurut Anda jika Anda memiliki keunggulan kompetitif atas pesaing Anda, itu bisa mengubah kemampuan Anda untuk bersaing? Bukankah itu memungkinkan Anda untuk mendapatkan harga yang adil dan mengeluarkan Anda dari perang harga komoditas? Saya pikir itu akan terjadi, jadi apa yang dapat Anda lakukan sekarang?

Apa Yang Harus Kita Lakukan Tentang Ini

Jadi pertanyaannya adalah bagaimana seorang pemimpin bisnis/CEO Amerika dapat mendukung seruan Obama untuk bertindak? Menurut penelitian terbaru, Amerika Serikat masih merupakan salah satu negara paling produktif di dunia, tetapi kami juga memproduksi produk yang paling kompleks. Oleh karena itu banyak produk/jasa yang dikonsumsi di Amerika Serikat diimpor. Mengapa kita kehilangan begitu banyak pekerjaan dan membeli lebih banyak barang asing daripada barang domestik? Jawabannya terletak pada cara sebagian besar organisasi bersaing di pasar mereka. Sebagian besar organisasi akan mengembangkan produk dan layanan yang sudah berhasil dijual di pasar karena ini mengurangi risiko mereka. Sayangnya, pendekatan ini mengarah pada situasi di mana organisasi dipandang sebagai organisasi “saya juga”. Ini adalah organisasi yang terutama harus bersaing dalam harga, atau mungkin memiliki nilai yang lebih tinggi bagi pelanggan. Tidak ada perbedaan nyata yang nyata antara produk/jasa mereka dan pesaing mereka. Anda perlu membedakan diri Anda, sehingga Anda berbeda dan unik di pasar. Seperti yang telah ditunjukkan oleh sejarah, jika Anda adalah pemimpin pasar, atau memiliki posisi kompetitif yang unik, harga yang Anda tetapkan untuk produk dan layanan Anda biasanya tidak menjadi masalah. Lihatlah Apple iPhone, di tahun pertama harganya hampir dua kali lipat dari tahun kedua. Ketika organisasi lain mulai menjual smartphone mereka, Apple harus menurunkan harga dan mulai bersaing dalam fitur/fungsi selain harga. Oleh karena itu, jika organisasi Anda dapat menciptakan keunggulan kompetitif yang membuat Anda unik, dampak ekonomi akan diminimalkan dan persaingan Anda terhadap organisasi Anda akan berkurang. Ini akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan harga pasar yang lebih adil untuk produk dan layanan yang Anda tawarkan kepada pelanggan Anda, serta meningkatkan loyalitas. Keunggulan kompetitif dapat diciptakan dengan menambahkan fitur inovatif ke produk Anda, mengurangi biaya produksi atau memperkenalkan produk baru yang unik,

5 Langkah Untuk Menciptakan Keunggulan Kompetitif

1. Pengembangan Strategi

Anda harus menciptakan visi strategis yang mendefinisikan kemampuan dan kekuatan unik Anda yang memungkinkan Anda mengembangkan dan memberikan keunggulan ini. Keuntungan Anda mungkin untuk menghasilkan produk/layanan dengan biaya yang lebih rendah, menawarkan nilai yang lebih tinggi kepada pelanggan atau mungkin lebih fleksibel daripada pesaing. Strategi yang dikembangkan ini harus dalam bentuk visi akhir yang dengan jelas menyatakan bagaimana organisasi harus beroperasi untuk mendapatkan keuntungan dari kemampuan unik Anda.

2. Buat Rencana Taktis

Untuk membuat rencana strategis layak, rencana taktis yang baik dan solid harus dikembangkan. Rencana ini harus mencakup tonggak yang diperlukan untuk memastikan bahwa visi akhir negara tercapai. Ini juga harus mencakup kerangka waktu di mana manfaat yang diharapkan akan mulai direalisasikan. Selain itu, kerangka waktu kapan fitur/fungsi yang diperlukan untuk mencapai visi keadaan akhir akan tercapai. Kriteria keberhasilan harus didefinisikan dengan jelas dan bagaimana Anda akan tahu kapan Anda telah menyelesaikannya dengan sukses.

3. Melaksanakan Rencana

Rencana taktis ini harus dijalankan dengan perbedaan dan efisiensi. Semua pencapaian harus dilacak dan rencana direvisi sesuai ketentuan. Anda perlu memastikan bahwa semua KPI diidentifikasi, dan bagaimana mereka akan dilacak.

4. Melakukan Operasi

Setelah rencana selesai dan berhasil diimplementasikan, itu harus dijalankan dengan efisiensi dan keunggulan untuk memastikan bahwa semua hasil yang diinginkan tercapai. Semua proses harus dijalankan dengan keunggulan dan perlu pemantauan ketat untuk memastikan bahwa hasil yang diinginkan tercapai dari proses tersebut.

5. Ulasan Dan Ulasan

Setelah rencana diimplementasikan, pemimpin bisnis harus meninjau hasil aktual terhadap hasil yang direncanakan untuk memastikan bahwa mereka memahami manfaat yang diharapkan. Setiap perbedaan dalam hasil harus dianalisis dan tinjauan proses harus direncanakan untuk menempatkan operasi pada jalurnya untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Kesimpulan

Saat ini, organisasi tidak dapat duduk diam dan berkata, “Lihat apa yang baru saja kita capai dan lihat seberapa bagus kita!” Hanya ada dua situasi dalam kehidupan sebuah organisasi, baik itu tumbuh atau mati. Tidak ada yang namanya status quo. Jadi organisasi harus berusaha untuk perbaikan terus-menerus dan menemukan cara untuk meningkatkan operasi dan prosesnya untuk melakukan sesuatu dengan lebih baik. Jika tidak, pesaing mereka akan kehilangan mereka, mengambil pangsa pasar dan keuntungan mereka. Pengembangan keunggulan kompetitif ini akan membutuhkan dukungan dari seluruh organisasi. Anda akan membutuhkan seluruh organisasi untuk bekerja sama untuk memastikan bahwa hasil yang diinginkan tercapai. Pemimpin/eksekutif bisnis harus memperhatikan organisasi mereka yang mencoba mengambil jalan keluar yang mudah dengan mengadopsi produk perangkat lunak “FAD” saat ini, atau teknologi manajemen “FAD” terbaru. Ini tidak pernah memberi organisasi mana pun keunggulan kompetitif yang berkelanjutan karena organisasi lain akan mengikuti dan menggunakan perangkat lunak atau gimmick yang sama. Pendekatan ini biasanya mengarah pada perang harga karena produk dan/atau jasa menjadi barang komoditas. Tanpa perbedaan antara produk atau layanan ini, pelanggan tidak merasa perlu untuk setia dan akan berbelanja dengan harga terendah. Pendekatan terbaik adalah mengembangkan keunggulan kompetitif Anda, sehingga Anda unik dan dapat menghubungkan dan mempertahankan pelanggan Anda.

Keunggulan kompetitif akan memungkinkan organisasi untuk bersaing di bawah lingkungan ekonomi dan/atau kompetitif apa pun. Produk/Jasa Unik Organisasi-organisasi ini seringkali tidak memiliki pesaing awal ketika produk/jasa mereka pertama kali diluncurkan, sehingga mereka seringkali dapat menikmati harga yang lebih tinggi. Hal ini memungkinkan organisasi-organisasi ini untuk memulihkan biaya pengembangan mereka lebih cepat, dan sering kali mendapatkan loyalitas pelanggan yang akan membantu mereka tetap kuat ketika pesaing mulai menawarkan penawaran serupa. Keunggulan kompetitif akan membantu setiap organisasi berhasil di pasar global.