Teknologi

10 Masalah Yang Sering Terjadi Dengan Printer HP Dan Solusinya

 

10 Masalah Yang Sering Terjadi Dengan Printer HP Dan Solusinya

10 Masalah Yang Sering Terjadi Dengan Printer HP Dan Solusinya

Meskipun merupakan mesin cetak yang andal dan terlepas dari upaya terbaik Anda, printer HP sering gagal. mengapa? Ada berbagai alasan mengapa printer HP tidak berfungsi dan menampilkan pesan kesalahan. Di sini kami telah membuat daftar 10 masalah umum printer HP dan solusinya.

1. Tinta Tercoreng Atau Tidak Muat Di Halaman

Periksa sekering. Jika Anda mendekati akhir, gantilah. Jika Anda tidak tahu cara mengganti unit fuser, lihat Dukungan printer HP Manual yang awalnya disertakan dengan HP Printer Setup Kit. Terkadang fuser akan menampilkan pesan Clean Fuser Input. Ini adalah indikasi yang jelas bahwa sekering perlu dibersihkan. Buka pintu depan printer HP Anda. Periksa apakah Anda melihat kuas biru di dalamnya (seharusnya ada satu). Keluarkan kartrid tinta dari printer untuk mengakses unit input fuser.

Unit terletak di atas port kartrid tinta hitam. Keluarkan sikat biru dan bersihkan rakitan. Prosedur pembersihan adalah untuk printer HP Color LaserJet 5500. Jika Anda memiliki printer yang berbeda, lihat manualnya. Jika unit fuser tidak berfungsi, kartrid toner mungkin rusak atau hampir kedaluwarsa. Dalam hal ini, Anda juga harus menggantinya. Jika toner tidak rusak dan tidak mendekati ujungnya, bersihkan rakitan kartrid toner.

2. kertas Macet

Kertas macet adalah salah satu masalah printer yang paling umum tidak hanya pada printer HP tetapi dengan semua merek dan model printer. Kertas macet dapat terjadi karena beberapa alasan, mulai dari sobekan kertas, pemilihan baki kertas yang salah, pemilihan jenis kertas yang salah, gulungan kertas lepas, kotoran debu, dll. Perhatikan baik-baik bagian dalam baki kertas dan outlet kertas. kertas cetak. Jika ada potongan kertas yang tersangkut di dalamnya, keluarkan. Pastikan baki kertas berisi jenis kertas yang benar pada panel kontrol printer.

Jika berbeda, printer akan mengalami masalah kertas macet. Pastikan jenis kertas cocok dengan properti printer. Jika tidak, perbaiki. Juga, pastikan printer mencetak pada baki kertas yang benar. Kegagalan akan mengakibatkan kertas macet. Jika silinder tampak longgar, kencangkan dengan hati-hati. Jika roller terlihat mengkilat, mungkin perlu diganti. Selain itu, jangan pernah menarik kertas ke arah yang berlawanan. Selalu tarik ke arah jalur kertas.

3. Windows Mengirim Pekerjaan Cetak Ke Printer Yang Salah

Itu terjadi ketika Windows memilih printer default dengan sendirinya. Jika Anda menggunakan Windows 7, klik tombol Start dan arahkan ke Devices and Printers. Anda akan melihat printer yang berbeda terdaftar di bawah Printers and Faxes. Klik kanan pada printer yang diinginkan dan klik Set as default printer. Jika diminta, konfirmasi tindakan dan keluar dari Devices and Printers. Nyalakan kembali komputer dan printer Anda. Uji halaman cetak dan periksa lagi. Windows harus mencetak ke printer yang benar.

Jika Anda menggunakan Window XP, klik tombol Start dan arahkan ke Control Panel. Klik dua kali Perangkat Keras dan Suara, lalu klik Printer. Temukan printer yang ingin Anda atur sebagai printer default, klik kanan padanya dan pilih Set as default printer.

4. Layanan Print Spooler Telah Berhenti Bekerja

Ini lagi-lagi masalah umum dengan printer HP. Untuk menghilangkan masalah ini, klik tombol Start dan arahkan ke Run. Saat Anda berada di dialog Run, ketik “services.msc” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Ini akan membawa Anda ke jendela Layanan. Di sisi kanan, temukan Print Spooler, klik kanan padanya dan pilih Restart. Saat diminta, konfirmasi tindakan dan keluar dari jendela Layanan. Jika diminta, restart komputer Anda. Setelah selesai, uji halaman cetak.

5. 50.4 Pesan Kesalahan

Pesan kesalahan menunjukkan masalah dengan catu daya dan umumnya terjadi saat kabel daya printer tersambung ke soket ekstensi atau catu daya tak terputus (UPS). Untuk menghilangkan pesan kesalahan ini, sambungkan printer langsung ke stopkontak.

6. Hasil Cetakannya Sangat Ringan Dan Ada Nodanya

Printer sering mulai mencetak dengan cahaya redup atau terputus-putus saat kartrid tinta/tinta kering atau tersumbat. Keluarkan kartrid tinta/toner. Ambil kain lembut dan celupkan ke dalam air panas atau alkohol. Sekarang dengan hati-hati gosok kain lembut di atas kepala cetak. Juga, gosokkan di bawah nozzle printer. Ini akan melunakkan tinta dan memungkinkan printer mencetak dengan benar. Ganti kartrid tinta. Cetak halaman uji dan periksa lagi.

7. Pesan Kesalahan 69.x.

Ini menunjukkan kerusakan sementara pada perangkat pencetakan Anda. Untuk menyembunyikan pesan ini, cukup matikan printer, tunggu 10-15 detik, lalu hidupkan. Ini akan mengatur ulang konfigurasi dan membuat printer berfungsi kembali. Jika pesan masih muncul, matikan lalu hidupkan printer dan komputer.

8. Pesan Kesalahan 10

Kesalahan menunjukkan kesalahan memori suplai. Tergantung pada model printer HP Anda, kesalahan dapat terjadi karena berbagai alasan. Untuk mengatasi masalah tersebut, matikan printer dan cabut dari stopkontak. Tunggu 10-15 detik sebelum menghubungkan kembali printer. Setelah selesai, colokkan kembali printer ke stopkontak, hidupkan, dan biarkan memanas dengan benar. Setelah selesai, cetak halaman uji dan periksa lagi. Printer Anda seharusnya mulai berfungsi dengan baik sekarang. Mungkin juga ada masalah dengan memori printer. Ganti memory sticknya.

9. Tidak Dapat Memuat Lebih Banyak Teks Di Halaman

Anda mungkin ingin halaman cetak Anda berisi teks dalam jumlah besar tetapi pengaturan printer default Anda mungkin tidak mengizinkan Anda melakukannya. Terkadang, Anda mungkin juga mengalami masalah saat mengecilkan teks pada selembar kertas. Untuk mengatasi masalah ini, buka properti printer di panel kontrol. Ubah pengaturan printer untuk menampung lebih banyak halaman per lembar. Misalnya, klik menu tarik-turun di bawah Halaman per Lembar & Stiker dan atur ke 2 atau 3 sesuai keinginan per halaman. ketuk Ya tombol. Pengaturan dapat bervariasi tergantung pada model printer Anda. Lihat manual dukungan printer HP untuk pengaturan yang benar.

10. Masalah Printer Nirkabel

Printer nirkabel sangat bagus untuk digunakan di rumah atau kantor. Namun, mereka tidak bisa mengalahkan printer kabel dalam hal kecepatan. Pengguna printer nirkabel sering mengalami masalah printer yang lambat. Untuk memastikan bahwa printer nirkabel Anda beroperasi pada kecepatan yang sesuai, gunakan nomor saluran khusus untuk router Anda. Selain itu, letakkan printer Anda di dekat router Wi-Fi Anda. Jauhkan gadget seperti telepon nirkabel dan alarm keamanan dari router nirkabel Anda. Alat-alat ini menyebabkan gangguan listrik dan menyebabkan printer beroperasi dengan lambat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close